Nurul Siyam Aprila
EK-18
EK-18
Student of Master Program in Management
School of Business Bogor Agriculture University
(www.mb.ipb.ac.id / www.ipb.ac.id)
School of Business Bogor Agriculture University
(www.mb.ipb.ac.id / www.ipb.ac.id)
Pengajar :
§ Prof.
Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. (www.ujansumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, www.sumarwan.staff.ipb.ac.id,
sumarwan@mb.ipb.ac.id)
§ Dr.
Ir. Hartoyo, M.Sc.
§ Dr.
Ir. Dodik Nur Rachmat, M.Sc.F.
§ Dr.
Kirbandoko, M.S.M.
§ Dr.
Ir. Mukhammad Najib, M.M.
Kesan :
Kesan
kuliah pertama Manajemen Pemasaran oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan,MSc
pada Febuari 2015 di Gedung MB IPB, membuat
pengetahuan baru bagi saya terkait dunia pemasaran dan hal tersebut
membuat saya menjadi lebih ingin memahaminya. Bahan perkulihaan diberikan secara sistematis serta
menggunakan contoh nyata dari perusahaan. Dalam perkuliah pertama tersebut dijelaskan
mengenai bagaimana menyusun rencana pemasaran. Dimana rencana pemasaran
merupakan instrumen untuk mengarahkan dan mengkoordinasikan usaha pemasaran .
Rencana pemasaran beroperasi pada 2 level yaitu level strategik dan level
taktis. Level Strategik membentangkan pasar sasaran dan proposisi nilai yang
akan ditwarkan, berdasarkan pada analisis peluang pasar terbaik. Sedangkan
Level taktis menspesifikasikan taktis pasar, termasuk fitur produk, promosi, perdangan,
penetapan harga, saluran penjualan dan layanan. Terdapat langkah-langkah dalam
menyusun rencana pemasaran yaitu:
1. Company
Description meliputi nama perusahaan dan alamat.
2. Strategis Focus and Plan (Company Profiles)
3. Struktur
Organisasi Perusahaan, menggambarkan struktur organisasi perusahaan dana nama –
nama yang menduduki setiap struktur dalam perusahaan tersebut.
4. Scope
of marketing , menjelaskan nama produk dan jasa yang dihasilkan dan merek
pada setiap produk dan jasa.
5. Core
Competency and Sustainable competitive Advantage, Core competency
menggambarkan keahlian apa yang dimiliki oleh perusahaan.
6. Situasion
Analysis,
7. Identifying
company’s competitive strategies, bagian ini menjelaskan bagaiman
strategi yang digunakan dalam menghadapi pesaing.Pertama kita harus dapat
menjelaskan siklus hidup produk kita pada posisi apa.Kemudian baru menentukan
competitive strtegies yang akan dijalankan berdasarkan siklus hidup produk yang
kita produksi.
8. Strategi
formulation.Bagian ini menjelaskan strategi yang dipakai untuk produk dan merek
yang dipasarkan.
9. Product
and Marekt Fokus
10. Marketing
Program , Strategi pemasaran terdiri dari:Pengambilan keputusan tentang biaya
pemasaran.Bauran yang dikenal sebagi 4P(Product , Price, Place and Promotion).
11. Analyze
Product Strategies,, Bagian ini menjelaskan bagaimana lini produsct yang
dihasilkan , berapa jumlah yang dibuat dan bagaimana strategi bandingnya ,
jelaskan pula variasi dari setiap produk , apakah melaksanakan strategi
perluasan lini produk .yaitu mengembangkan produk baru dengan merek yang sama
atau merek yang berbeda.
12. Analyze
Price Strategies , Jelaskan strategi harga yang akan dilaksanakan>apakah
akan melaksanakan strategi berdasarkan biaya atau berdasarkan permintaan pasar
atau berdasarkan persaingan atau berdasaarkan kebutuhan konsumen atau apakah
akan melaksanakan strategi harga untuk produk baru.
13. Analyze
Place Strategies.
14. Analyze promotion Strategies.
15. Market
entry Strategies (Modes of Entry into Foreign Market)
16. Financial Data and Projections
17. Implementation Plan
18. Evaluation
and Control
Text
Book
Ujang
Sumarwan (editor). 2015. Pemasaran Strategic: Perspektif Perlilaku Konsumen dan
Marketing Plan. IPB Press.
Silahkan
download e-book:
2015
01 BUKU Pemasaran Strategik Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plan
Sumarwan Ujang; Agus Djunaedi; Aviliani; H.C Royke; Jusuf Agus
Sayono; Rico R Budidarmo; Sofyan Rambe. (Strategic Marketing: Strategy for
Corporate Growth and Share Holder Value).-Pemasaran Strategik: Strategi Untuk
Pertumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham . Published
byInti Prima, Februari 2009, ISBN 979-450-451-3 Please dowload link below for
book preview:
Silahkan download e-book:
2009 UJANG SUMARWAN PEMASARAN STRATEGIK – STRATEGI UNTUK PERTUMBUHAN PERUSAHAAN
2009 UJANG SUMARWAN PEMASARAN STRATEGIK – STRATEGI UNTUK PERTUMBUHAN PERUSAHAAN
Silahkan download e-book:
2010 UJANG SUMARWAN PEMASARAN STRATEGIK – PERSPEKTIF VALUE-BASED MARKETING
2010 UJANG SUMARWAN PEMASARAN STRATEGIK – PERSPEKTIF VALUE-BASED MARKETING
Tidak ada komentar:
Posting Komentar