Nurul Siyam Aprila
EK-18
EK-18
Student of Master Program in Management
School of Business Bogor Agriculture University
(www.mb.ipb.ac.id / www.ipb.ac.id)
School of Business Bogor Agriculture University
(www.mb.ipb.ac.id / www.ipb.ac.id)
Pengajar :
§ Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. (www.ujansumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, www.sumarwan.staff.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
§ Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc.
§ Dr. Ir. Dodik Nur Rachmat, M.Sc.F.
§ Dr. Kirbandoko, M.S.M.
§ Dr. Ir. Mukhammad Najib, M.M.
1.Product
·
Bank Syariah Bukopin memanfaatkan produk-produk
tabungan yang mereka keluarkan untuk menarik minat masyarakat menjadi nasabah
mereka. dengan sangat mengerti dan memahami kebutuhan beragam masyarakat.
·
Strategi
Bank Syariah Bukopin masih bersifat follow market yaitu mengambil produk yang
sudah exits di pasar perbankan syariah.
·
Menggunakan “iB” sebagai branding produknya.
2.
Promotion
Promosi adalah kegiatan mengkomunikasikan informasi dari penjual kepada
konsumen atau pihak lain dalam saluran penjualan untuk mempengaruhi sikap dan
perilaku. Melalui periklanan suatu perusahaan mengarahkan komunikasi persuasif
pada pembeli sasaran dan masyarakat melalui media-media yang disebut dengan
media massa seperti Koran, majalah, tabloid, radio, televise dan direct mail
(Baker, 2000:7).
Media promosi yang dapat digunakan pada bisnis ini antara lain (1)
Periklanan, (2) Promosi penjualan, (3) Publisitas dan hubungan masyarakat, dan
(4) Pemasaran langsung. Penentuan media promosi yang akan digunakan didasarkan
pada jenis dan bentuk produk itu sendiri.
Promosi
pada Bank Syariah Bukopin adalah sebagai berikut:
Mengadakan
Berkah iB Siaga Berhadiah.
Melakukan
kerjasama dengan pihak lain.
3. Price
Penetapan harga merupakan suatu hal penting . perusahaan akan melakukan
hal ini dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat
mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu
posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk,
dan pelayanan, serta persaingan.
|
4. Place
Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan
bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumennya. dalam pemilihan
lokasi, Bank Syariah Bukopin mempertimbangkan untuk membuka cabang baru
kantornya pada wilayah yang cukup strategis.
5.People
Bank
syariah Bukopin terus melakukan pengembangan struktur organisasinya. Selain itu
juga melakukan pengembangan dan pelatihan terhadap SDM nya.
6.Process
Proses adalah
kegiatan yang menunjukkan bagaimana pelayanan diberikan kepada konsumen selama
melakukan pembelian barang. Pengelola usaha melalui front liner sering
menawarkan berbagai macam bentuk pelayanan untuk tujuan menarik konsumen. Memberikan
pelayanan yang baik dan memuaskan nasabah menjadi salah satu fokus utama Perseroan
dalam menjalankan bisnis bank. Melalui upaya itu tingkat kepercayaan nasabah
diharapkan terus meningkat dari waktu ke waktu. Dengan meningkatnya kepercayaan
nasabah, pertumbuhan bisnis Perseroan diharapkan bisa terus meningkat dan berkesinambungan.
7.Physical
Evidence
Dengan semakin
kompleksnya jenis traksaksi perbankan, diperlukan inovasi dan pengembangan
produk yang dapat menjawab tantangan tersebut. Bank Syariah Bukopin menjawab
kebutuhan tersebut melalui pelayanan yang menawarkan kemudahan kepada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar